SELAMAT DATANG DI WEBLOG NEGERI KEGILAAN (Menebar Cinta Menerangi Semesta)

Senin, 15 Februari 2010

SEKILAS TENTANG
ILCI AR-RASYID INSTITUT

a. Apa Ilci Ar-Rasyid

ILCI merupakan singkatan dari Ilmu dan Cinta yang ditambah dengan kara Ar-Rasyid. Kemudian di singkat dengan kata ILCI ar-Rasyid. Hadirnya ILCI ar-Rasyid merupakan sebuah keinginan yang mewadahi sekelompok orang-orang yang gemar kumpul-kumpul dalam artian sistem yang di bangun berdasarkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang menginginkan kebahagiaan. Jadi perkumpulan ini adalah sekumpulan orang yang selau berinteraksi kemana ia pergi baik di tongkrongan, rumah, mall maupun di puncak gunung. Bahkan bisa hadir di masjid-masjid, dan jalanan.
Awalnya namanya bukan ILCI ar-Rasyid. Nama ILCI sendiri merupakan perubahan darinama sebelumnya yaitu Komunitas VALEX yang lahir sekitar tahun 2003, yang memfokuskanya kepada Komunitas Seni dan bergerak pada bidang Pendidikan, Seni, Sastra dan Teater.
Naman VALEX memiliki pengertian”Varioriesme In Intelxtualizm” yang berarti “Selalu Bersemangat Untuk Berfikir”. Nama VALEX bertahan sekitar 3 tahun, kegiatan-kegiatan VALEX akhirnya beku total awal tahun 2006.
Kamipun merencanakan perkumpulan itu hadir lagi. Tanpa di sengaja ada Turnamen Futsal Piala Walikota Semarang yang di adakan oleh DPD KNPI. Kamipun berinisiatif untuk ikut, namun kami di tolak oleh mereka. Tapi kami tetap berjuang untuk bisa mengikuti turnamen tersebut. Maka pada akhirnya terbentuklah nama ILCI ar-Rasyid.

b. Mengapa Ilci Ar-Rasyid
ILCI ar-Rasyid merupakan singkatan dari Ilmu dan Cinta yang merupakan salah satu wadah atau tempat berkumpul baik di tongkrongan, jalan-jalan, rumah-rumah, mall-mall bahkan di alam bebas, masjid-masjid dan majlis-majlis ilmu, mengajak dan menuntut kedamaian di semesta rahmatal lil’alamin. Mereka berdakwah kepada semesta bahwa hiasan dunia yang paling mulia adalah ilmu dan cinta. Engkau bebas melakukan apapun tapi ingat kebebasanmu masih terikat dengan kebebasan orang lain. Maka di sini kita belajar tentang ilmu untuk menghormati orang lain dan belajar cinta untuk terjalin kasih dan sayang dengan sesama dan lingkungan sekitar.
Kebebasan ada pada di setiap insan, hak yang telah diberikan Allah yang dianugerahkan kepada manusia. Kebebasan berkeyakinan, ibadah, berpendapat, berpartisipasi, merokok, bercinta dan terserah kamu mau melakukan apapun. Yang terpenting di hatimu tertanam benih-benih romantisme untuk saling menghargai dan menghormati orang lain.
Ilmu merupakan anugerah terbesar dari Allah untuk kita, karena ilmu kita diberi amanah untuk mengelola dan memakmurkan bumi menjadi khalifah-Nya. Maka jangan kau nodai bumimu dengan kepandaian atau kepintaranmu tapi jagalah, rawatlah dan siramlah bumimu dengan ayat-ayat tasbih dan dzikir.
Cinta adalah anugerah yang mulya untuk manusia, kita diciptakan untuk saling kenal-menganal, diciptakan dengan berpasang-pasangan. Sungguh hebatnya Allah yang telah menjadikan manusia tidak merasa kesepian dengan dunianya. Maka jangan kau nodai rasa cinta dengan nafsu binatangmu, binatang saja tidak sebegitu nafsu jika melihat mangsa di hadapan matanya. Hiasi anugerah cinta ini dengan rasa kasih, sayang, ampunan, pertolongan dan saling menghargai satu dengan yang lainnya.
ILCI ar-Rasyid akan mengajarkanmu tentang dasar pendidikan, konsep akhlak, , sistem sosial dan aturan nilai-nilai yang sesuai dengan fitrah manusia dan jika kau berpegang kepada-Nya maka kita tidak akan sesat selamanya.
ILCI ar-Rasyid merupakan sistem global yang mengantarkan kehidupan manusia menuai kebebasan yang bermakna. Ia akan sempurna menjadi manusia yang sederhana, kerendahan diri, keberkahan duniawi dan istoqamah sejati untuk mengharap ridho Illahi Rabbi.
Jika ilmu dan cinta merupakan tiang semesta rahmatal lil’alamin, maka bukalah pintu pengajaran, pengkaderan dan perjuangan di situlah kemuliaan Allah bersemayam. Engkau mempunyai pegangan dan mempunyai uswah atau tauladan yan tiada duanya di dunia, pemimpin dan panutan. Maka matikan dirimu dengan sentuhan keharuman wangi bunga surga dan gapai kedekatan-Nya di pelukanmu.
Jika ilmu dan cinta adalah keadilan di dunia maka semesta ini adalah timbangannya, memberikan grafitasinya untuk kemulyaan semesta. Maka persamaan dan keterikatan merupakan bagian dari karakteristik dan satu aturan nilai yang bersumber dari semesta rahmatal lil’alamin.
Hubungan antara Tuhan, alam dan manusia adalah hubungan dialektika horisontal dan dialektika vertikal yang merupakan konsep keterpaduan atau penyatuan sebagai khalifah dan abdullah.
ILCI ar-Rasyid merupakan kumpulan, kelompok bahkan gerombolan yang memiliki cita-cita mencintai antar sesama, memberikan cinta kasih kepada semesta, memperjuangkan keadilan dan hak kaum mustadzffin serta memakmurkan bumi yang kami cintai.
ILCI ar-Rasyid merupakan kumpulan preman dan berandalan, yang ingin memahami tentang kebaikan, kebenaran dan keindahan untuk semesta rahamtal lil’alamin. Mereka bergerak dari utara ke selatan, barat ke timur, dari daratan hingga ke daratan yang menuntut keadilan untuk bumi yang mulai merana karena tingkah manusia.
Pedang mereka adalah pena, sebab kami selalu mengajak untuk kembali memerdekakan diri dari sikap ketertindasan. Perisainya adalah kertas, sebab kesucian menjadi arti bagi kami untuk selalu berada dijalan yang lurus jalan yang di ridhoi-Nya. Coretan adalah warna hitam, sebab hitam adalah kedalaman ilmu melalui ilmu yang berdasarkan keyakinana akan memberikan cahaya yang penuh dengan kedamaian.

Sekretariat
Jl. H. Abdul Rasyid Banjardowo Rt 2 Rw VI Genuk Semarang 50117 (085 641 28 29 57)

0 komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online